MELALUI GERAKAN KOTA BIMA BERZAKAT DAN MAGRIB MENGAJI,MARI KITA WUJUDKAN KOTA BIMA BERTEMAN (BERSIH,TERTIB DAN AMAN) TAHUN 2012.

 

JUMAT,6 APRIL 2012

(HUT KOTA BIMA YANG KE 10 TAHUN 2012)

JUDUL :

MELALUI GERAKAN KOTA BIMA BERZAKAT DAN MAGRIB MENGAJI,MARI KITA WUJUDKAN KOTA BIMA BERTEMAN (BERSIH,TERTIB DAN AMAN) TAHUN 2012.

Oleh : Ust.Ahmad.S.Ag

———————

        AL HAMDULILLAH.AL LAJI ARSALA RASULAHU BILHUDA WADINIL HAQ.LIYUDH HIRAHU ALA DDIINI KULLIH.WALAU KARIHAL MUSYRIKUN.

        ASSYHADU AN LA ILA HA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ABDUHU WARASULUH.

        ALLAHUMMA SOLLI ALA MUHAMMADIN WA ALA ALIHI WA ASH HABIHI AJ MAIN. AMMA BA, DU. FAYA IBADALLAH .UUSHIKUM WA NAFSI BITAQWALLAH. WA THOATIHIU LA ALLAKUM TUR HAMUN. QALA LLAHU TA ALA FIL QUR ANIL KARIM. BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM.

$pkš‰r¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qà)®?$# ©!$# ¨,ym ¾ÏmÏ?$s)è? Ÿwur ¨ûèòqèÿsC žwÎ) NçFRr&ur tbqßJÎ=ó¡•B ÇÊÉËÈ

        SHODAQALLAHUL ADHIM.

 

SIDANG JUMAT YANG DIRAHMATI ALLAH. SWT.

 

  Maha suci Allah yang maha quddus, yang senantiasa memuliakan hamba-hamba  mukmin pilihan, karena mereka telah   memuliakan nilai –nilai ilahi dengan amal –amal pilihannya , maha Rahman dan maha Rahim Allah SWT yang senantiasa menumpahkan kasih dan sayangnya kepada setiap pribadi  Mukmin  yang  cerdas  memaknai setiap pergantian waktu, hari, minggu ,bulan dan tahun, dengan memaksimalkan amal imani dan amal islami, Maha terpuji Allah Azza wajalla, yang  senantiasa mengangkat derajat dan martabat  hamba mukmin,  yang telah menampilkan dan membiaskan  amal terpuji,  pada maqamam mahmudah tempat yang terpuji disisi-Nya.

Sholawat dan salam semoga senantiasa  tercurah atas junjungan penghulu alam , Nabi kita ,nabi besar Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya Amin yarabbal alamin.

 

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah.

 

Tidak terasa , bahwa pada tanggal 10 April 2012 nanti, usia Kota Bima, sudah genap  berusia 10 tahun.ini berarti bahwa sudah 10 tahun pulalah   kita eksis  untuk  terus mengisi, menata dan memberikan konrtibusi terbaik , demi untuk memajukan kota Bima tercinta ini,kendatipun disana sini masih belum tercapai secara maksimal seperti yang kita harapkan bersama..

bahwa selama ini  pemerintah kota Bima  dengan dukungan  seluruh komponen yang ada , sudah melakukan upaya real  dalam mewujudkan  kota  Bima yang   bersih, tertib dan aman (BERTEMAN) , Kota pendidikan, serta kota  yang bernuansa Religius dan agamis , hal ini  patut kita hargai dan dukung secara bersama –sama  untuk terus berpartisipasi positif  memberikan andil  terbaik demi kemajuan dan kemakmuran Kota Bima tercinta ini.

 

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah.

 

. sesuai dengan visi dan misinya , yaitu kota Bima yang aman, bersih, hijau, indah, Kota pendidikan, serta kota  yang bernuansa Religius dan agamis.adalah sangatlah mulia dan tepat bila kita dekatkan visi dan  misi ini pada diri kita masing-masing , dengan sebuah pertanyaan cerdas ,  jujur dan objektif, sudahkah diri kita bersih , sudahkah keluarga kita bersih, sudakah lingkungan kita bersih, sudahkah harta kita bersih dari hak orang lain, sudahkah kita  bekerja dengan ikhlas dan bersih, sudahkah kita menampilkan amal yang indah nan sejuk,  sudahkah lingkungan keluarga dan masyarakat  kita indah nan hijau.sudahkah kita , anak-anak kita, keluarga kita, dan masyarakat kita bersikap cerdas (berpendidikan), serta sudahkah kita mendesain lingkungan rumah tangga kita  dengan lingkungan yang bernuansa agama dan Religi ?.pertanyaan ini ,harus  kita jawab dengan jujur, cerdas dan objektif. Pertanyaan ini, tidak perlu dijawab dengan konsep verbalistis, juga tidak perlu dijawab dengan renungan dan hayalan, akan tetapi yang sangat diharapkan kepada kita semua adalah jawaban amali secara Real dan nyata  sesuai dengan andil dan kemampuan yang kita miliki.

 

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

 

Pada syarahan  khutbah ini, dan pada momen yang mulia ini , seiring dengan moment hari jadi kota Bima yang ke 10, mari kembali kita hentakkan kesadaran masing-masing kita , bahwa nilai-nilai religi yang merupakan sebuah kebiasaan umat Islam tempo dulu, sekarang sudah  sirna dan hilang. itulah kebiasaan silaturrahim, itulah kebiasaan  mengaji Al qur,an antara Waktu Magrib dan Isya, itulah Kebiasaan Berzakat, berinfaq dan bersadaqah, itulah memakmurkan masjid dengan kegiatan Sholat berjamaahnya, dan lain lain kebiasaan mulia generasi terdahulu, sekarang sudah mulai sirna dan pudar.

 

Untuk itu pemerintah kota Bima bekerjasama dengan seluruh lembaga keagamaan kota Bima dan seluruh elemen yang ada di kota Bima  , kembali menggulirkan sebuah terobosan yang sangat positif,  guna untuk menghidupkan kembali kebiasaan mulia generasi terdahulu, sekaligus mengkesiskan kembali kesakralan  nilai-nilai religi, nilai-nilai etika dan moral  ditengah-tengah Masyarakat Kota Bima melalui GERAKAN KOTA BIMA BERZAKAT DAN MAGRIB MENGAJI DALAM MEWUJUDKAN KOTA BIMA BERTEMAN (yaitu kota bima yang bersih, tertib dan aman)

 

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

 

Sungguh gerakan ini adalah gerakan moral demi menyelamatkan generasi sekarang  dan generasi yang akan datang.

pencanangan kegiatan kota Bima  Berzakat dan Magrib mengaji setahun yang lalu, , bukan berarti  kegiatan ini baru dilaksanakan oleh ummat Islam  di wilayah kota bima tercinta ini. Namun kebiasaan   berzakat dan  mengaji sudah menjadi tatanan  tradisi    yang dilaksanakan dengan semangat yang tinggi oleh masyarakat Dana Mbojo , jauh sebelum kota Bima lahir. “Pencanangan oleh Bapak Wali kota Bima  hanyalah untuk  menghidupkan kembali   semangat kultur keumatan  masyarakat bima  yang pernah eksisi pada masa silam dan memperkuat  kembali  Ruh  tradisi  umat Islam Dana Mbojo yang pernah jaya dan tertamipilkan  di masa Kesultanan Bima.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Kegiatan Magrib Mengaji diharapkan akan dapat menghidupkan kembali tradisi mengaji dikalangan masyarakat dan keluarga-keluarga Muslim khususnya di Kota Bima tercinta ini, sebagaimana telah dilakukan oleh para orang tua pada zaman dulu. Seluruh anak-anak pada menjelang Magrib, sudah ada di rumah masing-masing untuk mengaji.  Upaya ini merupakan proses menginternalisasikan nilai-nilai moral agama kepada anak-anak sehingga memiliki pemahaman secara paripurna  dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Patut kita cermati kondisi sekarang ini, sepertinya  ada sesuatu yang hilang ditengah-tengah masyarakat kita. Salah satunya, pada jam-jam Magrib, anak-anak kita masih diluar rumah. Antara waktu magrib dan isya hamper di seluruh rumah-rumah kaum muslimin dan muslimat di kota bima ini, sedang asyik-asyiknya nonton program TV dengan berbagai macam program acaranya, Padahal pada masa lalu, para orang tua kita memiliki tradisi mendidik anak dengan membiasakan anak-anak pada saat magrib sudah ada dirumah untuk  mengaji, pada saat magrib anak-anak sudah ada di Masjid dan musholla, Tradisi yang positif ini perlu dihidupkan kembali sekarang, guna untuk membentengi anak-anak kita dari pengaruh negatif perkembangan zaman,

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.dalam surat At tahrim ayat :6.

$pkš‰r¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3‹Î=÷dr&ur #Y‘$tR $ydߊqè%ur â¨$¨Z9$# ä  ou‘$yfÏtø:$#ur  $pköŽn=tæ îps3Í´¯»n=tB ÔâŸxÏî ׊#y‰Ï© žw tbqÝÁ÷ètƒ ©!$# !$tB öNèdttBr& tbqè=yèøÿtƒur $tB t brâsD÷sム  ÇÏÈ

  Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Patut kita selaku orang tua  memiliki sikap cerdas untuk  siap mengawal dengan tertib dan sigap gerakan magrib mengaji ini, kita lah yang memulainya pada lingkungan rumah tangga kita masing-masing. antara waktu magrib dan isya , yang ada hanya kegiatan mengaji  Al Qur, an, mengkaji Al qur,an, zikir, Taklim.hentikan seluruh kegiatan yang lain, TV dimatikan, Radio dan Tipe di Matikan, computer dimatikan, Hp di non aktifkan, antara waktu magrib dan isya mari kita pergunakan untuk berinter aksi dengan Allah melalui kegiatan qiraataul Al qur an, mengkaji Al Qur,an, dan  mendalami Al qur,an. Bapak mengaji, ibu mengaji, anak-anakpun mengaji, alangkah indahnya rumah tangga yang dihiasi dengan suara –suara Al qur an.keberkahan dan Rahmat Allah mewarnai rumah tangga tersebut.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Alangkah indahnya daerah kita tercinta ini, apabila terdiri dari masyarakat yang cinta mengaji dan berzakat, ulama yang cinta mengaji dan berzakat, para pejabat yang cinta mengaji dan berzakat, para anggota dewan yang cinta mengaji dan berzakat, para PNS yang cinta mengaji dan berzakat, para mahasiswa , para LSM, para wartawan, para politisi, dan  para tehnokrat    yang cinta mengaji dan berzakat. Insyaallah kota Bima akan membiaskan nur keberkahan Al Qur an dan cahaya Rahmat Ilahi.inilah kota Indah nan sejuk dengan nuansa ketaatan yang tinggi kepada Allah SWT. Pasti dirasakan dan dinikmati oleh umat kota Bima tercinta ini.Amin. hal ini senada dengan penegasan Allah SWt dalam surat Al Araf ayat 156.

âÓÉLyJômu‘ur ôMyèřur ¨@ä. &äóÓx« 4 $pkâ:çGø.r|¡sù tûïÏ%©#Ï9 tbqà)­Gtƒ šcqè?÷sãƒur no4qŸ2¨“9$# tûïÏ%©!$#ur Nèd $uZÏG»tƒ$t«Î/ tbqãZÏB÷sムÇÊÎÏÈ

 Dan Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami”.

 

Dari kandungan ayat ini, maka ada 3 kata kunci guna untuk meraih Rahmat Allah yang begitu  luas, barakah Allah yang amat sempurna, kemakmuran dan kesejahteraan  dalam kehidupan ini, baik secara personal maupun secara kolektif, baik secara pribadi maupun secara berjamaah dan keumatan, baik secara kekeluargaan maupun secara kenegaraan. Yaitu :

Pertama : pilar Taqwa. Ketaqwaan disini adalah iman yang sempurna yang diekpresikan dengan  menegakkan sholat 5 waktu secara istiqomah  dan amal sholeh yang diterimah Allah SWT.

Kedua : pilar mengeluarkan Zakat. Baik zakat Fitrah, zakat Mal atau zakat harta, maupun zakat penghasilan atau zakat profesi bagi para PNS di persada tercinta ini.marilah kita sadar dan insaf bahwa dari gaji bulanan atau penghasilan bulanan yang kita terima setiap tanggal 1, wajib kita keluarkan 2.5 % zakatnya, guna untuk menyelamatkan diri kita dari siksaan neraka jahanamnya Allah SWT. Janganlah lantaran 2.5 % itu kita dikutuk, dilaknat dan diazab oleh Allah SWT. Nauzubillahi minjalik. Mohon simak dengan cerdas  quran surat At taubat ayat 35.

Ketiga pilar : mengimani Al quran .maksudnya gemar membaca Al quran, hobi mengkaji al qur an, kecendrungannya mengamalkan Al quran dan komitmennya berakhlaq dengan Al qur,an.

Sungguh tepat gerakkan magrib mengaji yang telah  dicanangkan oleh walikota Bima  sealur dengan apa yang dipaparkan oleh Allah SWT,

Akhirnya ,saya selaku khotib mengajak kita semua untuk memiliki 3 sikap utama diatas, dan sudah  saatnya  sekarang kembali kita eksisikan. Yaitu :

  1. sikap Taqwa yang paripurna  yaitu : iman yang sempurna yang diekpresikan dengan  menegakkan sholat 5 waktu secara istiqomah  dan amal sholeh yang diterimah Allah SWT.
  2. Sikap cinta berzakat.yaitu sikap sadar berzakat,dengan kata lain  mendukung gerakan kota bima berzakat.terutama zakat profesi atau zakat penghasilan  yang 2.5 % .khusus bagi   para PNS  di kota  Bima tercinta ini.
  3. Sikap cinta membaca Al qur an, yaitu sikap sadar  mengaji al qur,an, belajar Al qur an, mengajarkan Al qur,an ,mengamalkan nilai-nilai Al qur,an dan berakhlaq dengan Al quran.

Hadirin sidang jumat Rahimakumullah

Demikianlah uraian khutbah yang dapat kami sampaikan pada kesemapatan ini,semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin yarabbal alamin.

Barakallahuli walakum fil qur anil adhim wanafani wa iyyakum bimafihi minal ayati wazzikril hakim wataqabbala minna wamingkum tilawatahu innahu huwassamiul alim…………………………………….

DILANJUTKAN DENGAN KHUTBAH KEDUA.

 

 

                                      Kota Bima, 4 April 2012.

                                                            H.Ahmad.S.Ag

 

 

Posted on May 19, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: