PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENCETAK KADER ULAMA DAN CENDIKIAWAN MUSLIM

 

PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENCETAK KADER ULAMA DAN CENDIKIAWAN MUSLIM

(Disampaikan dalam Workshop sehari pembinaan optimalisasi peran lembaga keagamaan dan ormas Islam dalam mensukseskan program kota Bima berzakat dan Magrib mengaji dan membumikan Al qur an tahun 2012)

Oleh : H.Ahmad.S.Ag.(Ketua FKSPP Kobi)

Hari Rabu,tanggal 16 Mei 2012 Di SMKN 3 Kota Bima

 

PONDOK PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA KEAGAMAAN YANG BERSIFAT RELIGIUSITAS DENGAN BASIC   TAFAQQAHU FIDDIN (PENDALAMAN, PENELARAN SERTA PENGAMALAN NILAI NILAI LUHUR AGAMA)

MEMPUNYAI 4 FUNGSI

4 FUNGSI INILAH YANG WAJIB DI OPTIMALKAN  DAN DIMAKSIMALKAN  DALAM RANGKAN MENCETAK ANAK-ANAK KITA KEDEPAN SEBAGAI KADER ULAMA DAN CENDIKIAWAN MUSLIM YANG SANGAT CERDAS, BAIK   BAGI AGAMA MAUPUN BAGI  NUSA DAN BANGSA  SERTA DAERAH .

  1. 1.  PEMELIHARAAN

PONTREN ADALAH WILAYAH AMAN, LINGKUNGAN  SEHAT DAN NYAMAN, WILAYAH STERIL DARI  FIRUS DOSA DAN KEMAKSIATAN SERTA ZONA AMAN DAN SELAMAT DARI AMAL SIA SIA (KITA BISA AMBIL ISTILAH :WAMAN DAKHALAHU KAANA AAMINAN)

SEHINGGA KEBERADAAN PONTREN WAJIB MEMILIKI 4 RUKUN

1)  WAJIB ADA KIYAI, GURU DAN USTAD SEBAGAI TOKOH FIGUR

2)  WAJIB ADA MASJID SBG TEMPAT PUSAT KEGIATAN

3)  WAJIB ADA SANTRI SEBAGAI PESERTA DIDIK YG BELAJAR SAMA PAK.KIYAI DAN USTAD.

4)  WAJIB ADA ASRAMA SBG TEMPAT MONDOKNYA PARA SANTRI

ADAPUN  KEEMPAT HAL YANG AKAN TETAP TERJAGA DENGAN KEBERADAAN PONDOK PESANTREN ADALAH SBB :

AL IMAN /HIFZDUL IMAN

AL IBADAH/AMAL SHOLEH /HIFZDUL IBADAH

AL ILMU /HIFZDUL  ILMU

AL AKHLAK /HIFZDUL AKHLAQ

  1. 2.  PENGEMBANGAN/PENINGKATAN

AL IMAN /ZIYADATUL IMAN

  • AL IMAN YAZID BIZIKRILLAH
  • AL IMAN YAZID BITHO’AH WAYANQUS BIL MA’SHIYAT (SHOLAT DIAWAL WAKTU)
  • AL IMAN YAZID BIQIRAATIL QUR AN
  • AL IMAN  YAZID BITTA’LIM
  • AL IMAN YAZID BIQIYAMIL LAIL
  • AL IMAN YAZID BITAUBATIN NASHUHAH

AL IBADAH/AMAL SHOLEH/ZIYADATUL AMAL/IBADAH

  • AL AMAL YAZID BIL ISTIQOMAH BIL ISTIQOMAH/ZUHUD/ISTIMRAR
  • AL AMAL YAZID  BIMAKRIFATIN FADHILATUL AMAL
  • AL AMAL YAZID BIL IKHLAS, WASABRI WATAWADHU’
  • AL AMAL YAZID BIL AMALIYAH (SIKAP YUSAARI’UUNA FIL KHAIRAAT)

AL ILMU/ZIYADATUL ILMI

  • AL ILMU YAZID BITTA’LIM
  • AL ILMU YAZID BILMUTA ‘ALLIM (DIAJARKAN)
  • AL ILMU YAZID BI AMALIN (DIAMALKAN)

AL AKHLAK/ZIYADATUL AKHLAQ AL KARIMAH

  • YAZID AL AKHLAQ AL KARIMAH DENGAN IMAN YANG BERTAMBAH
  • YAZID AL AKHLAQ AL KARIMAH DENGAN AMAL YANG TERUS MENINGKAT
  • YAZID AL AKHLAQ AL KARIMAH DENGAN ILMU YANG BERMANFAAT

AKHLAQ AL KARIMAH============= IMAN- AMAL -ILMU

SKILL/KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN /ZIYADATUL AHLI

  • TERAMPIL DALAM BERTOHARAH (CARA BERSUCI, CARA BERWUDHU, CARA MANDI MENGHILANGKAN HADAS BESAR, CARA TAYAMUM, CARA BERSUCI UTK MENGHILANGKAN NAJIS  DLL)
  • TERAMPIL DALAM BERIBADAH (SHOLAT WAJIB/SHOLAT SUNNAH)
  • TERAMPIL DALAM MEMBACA KITAB KITAB KUNING (KITAB FIQIH,KITAB TAFSIR,KITAB HADIS, KITAB ILIMUL LUGHAH, KITAB TARIKH DLL)
  • TERAMPIL BERBAHASA ARAB INGGRIS
  • TERAMPIL MENYELENGGARAKAN ZENAZAH (TATA CARA MENYELENGGARAKAN ZENAZAH MULAI DARI MEMANDIKAN, MENGAFANKAN, MENYOLATKAN DAN MENGUBURKAN)
  • TERAMPIL MEMBACA AL QUR AN/MENGAJI MELALUI TAKLIMUL QUR AN.

ADAPUN ORIENTASI TAKLIMUL QUR AN/MENGAJI AL QUR AN ADALAH SBB :

BELAJAR MEMBACA AL QUR AN MELALUI METODE IQRA.

BELAJAR MEMPERBAIKI BACAAN AL QUR AN  DENGAN METODE TAHSINUL QIRA,AT (BELAJAR ILMU TAJWID)

BELAJAR MENTERJEMAHKAN AYAT-AYAT AL QUR AN DENGAN METODE TERJEMAHAN PRAKTIS .

BELAJAR MENAFSIRKAN ISI KANDUNGAN AL QUR AN

BELAJAR SENI TILAWAH AL QUR AN (NAGHOM/LAGU)

BELAJAR MENGHAFAL AL QUR AN

BELAJAR MENGAMALKAN NILAI NIALI AL QUR AN

  • TERAMPIL MENGHAFAL AL QUR ANUL KARIM (MULAI DARI ZUZ 1 S/D ZUZ 30 )
  • TERAMPIL MENHAFAL HADIS-HADIS NABI YANG SHOHIH
  • TERSAMPIL MENGHAFAL DOA-DOA  MA’TSUR
  • TERAMPILBERDAKWAH
  • TERAMPIL BERMASYARAKAT DAN BERSIALTURRAHIM
  • TERAMPIL MEMBERIKAN CONTOH DAN TELADAN YANG BAIK BAGI ORANG LAIN
  • TERAMPIL BEKERJASAMA DAN GOTONG ROYONG
  1. 3.  PENYIARAN

PENYIARAN NILAI NILAI ISLAM MELALUI :

MISI BELAJAR MENGAJAR (AT TAKLIM WAL MUTAALLIM)

MISI DAKWAH

  1. 4.  PELESTARIAN NILAI NILAI ISLAM

NILAI UFSUSSALAM/MENYEBARKAN SALAM CINTA DAMAI JAUH DARI PERMUSUHAN.

NILAI SILATURRAHIM/WASHILUL ARHAM/MENYAMBUNG TALI SILATURRAHIM DIANTARA SESAMA.

NILAI NILAI KESHOLEHAN SOSIAL /WAMUTIMUL JI’AN  YAITU MEMBERI MAKAN KEPADA ORANG ORANG YANG MEMBUTUHKAN MAKANAN

NILAI UKHUWAH DAN PERSAUDARAAN

NILAI KESHOLEHAN ILAHI. TAHAJUD. (WAQUMU BIL LALIL WANNASU NIYAMAN)

4 PERILAKU KHAS PARA SANTRI YG UNIK UTK TETAP DILESTARIKAN YAITU :

  1. 1.  SENANTIASA TAHAJUD DIWAKTU MALAM DAN DUHA DIWAKTU PAGI.
  2. 2.  SENANTIASA SHOLAT TEPAT WAKTU SECARA BERJAMAAH DI MASJID
  3. 3.  SENANTIASA PUASA SUNNAH (SENIN KAMIS, DAN PUASA PUASA SUNNAH LAINNYA
  4. 4.  TIADA HARI TAMPA MEMBACA DAN MENGHAFAL AL QUR AN

KOTA BIMA, 16 MEI 2012

NARA SUMBER/PEMATERI

 

H.AHMAD.S.AG/KETUA FKSPP KOBI.

 

 

Posted on May 16, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: